Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

bakat dan minat


Bekerja berdasarkan passion dan kesenangan, tentu akan menghasil uang dan juga kebahagiaan yang tidak bisa diukur dengan materi. Hobi, bakat dan minat seseorang merupakan faktor utama yang bisa menunjang karir seseorang, ditunjang dengan faktor lainnya. Banyak orang yang terpaksa bangun setiap pagi dengan rasa malas dan keengganan untuk berangkat kerja, motivasi mereka hanyalah tuntutan gaji akhir bulan. Yang selalu habis sebelum waktunya.

Karena banyak keterpaksaan dan keengganan yang ’wajib dijalankan, maka motivasi dan inovasipun tidak akan pernah berkembang maksimal. Beda dengan wirausahawan, untuk mencapai tujuan tertinggi, mereka termotivasi untuk selalu berinovasi tidak hanya karena tantangn disekitar, tapi kesenangan dan ’butuh’ untuk menjalankannya. Perbedaan ’wajib’ dan ’butuh’ tentu memberikan efek psikologis yang berbeda bagi pelaksananya. Maka tak heran banyak Wirausahawan lebih berhasil ketimbang pekerja kantoran, karena ia akan bekerja lebih keras karena butuh berinovasi untuk memenuhi kebutuhan ’passion’ bekerjanya dan menghidupi keluarga.

Sedangkan karyawan kantoran, setinggi apapun inovasi dan sebesar apapun motivasinya untuk bekerja, yang mendapat nama dan keuntungan adalah perusahaan. Untuk karyawan, tolak ukur keberhasilan hanya di hargai lewat kenaikan gaji dan besarnya bonus, yang selalu tak memuaskan dilihat dari berbagai sisi perjuangan yang telah kita lakukan.

Sekarang, pilihan ada ditangan anda. Hanya tinggal menggali minat dan bakat yang Anda miliki lalu pelajarilah hal-hal teknis untuk melakukan inovasi dalam memperdayakan usaha anda.

Berikut tips untuk memulai usaha berdasarkan minat dan bakat anda :

  1. Menggali Potensi diri
  2. Perluas networking dan hubungan sosial
  3. Fokus pada satu jenis bidang usaha yang anda kuasai
  4. Mau belajar dan terus mengembangkan diri
  5. Sediakan modal yang diantisipasi untuk merugi
  6. Mulai sekarang juga

Terkadang keberhasilan dimulai dari sesuatu yang sedikit nekat dan agak gila. Terlebih 

dunia wirausaha adalah dunia ketidakpastian, saat informasi dan networking yang kita 


miliki belum memadai, jangan pernah merasa pesimis lalu enggan menjalankannya. 

Beranilah mengambil resiko. Yang penting dijalankan dulu, toh yang kita temui hanya 

dua  kemungkinan, yaitu keberhasilan atau  kegagalan. Kegagalan sendiri harus dihadapi 

dengan dengan bertanya banyak hal, melakukan banyak hal dan pada akhirnya akan 

mendatangkan sejumlah hal yang kita inginkan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar